Time for Taiwan

Taiwan
臺灣
台湾

 

Foto satelit Taiwan yang menunjukkan pegunungan di bagian tengah dan pantai timur dengan dataran rendah di sebelah barat.
Geografi
Lokasi Samudera Pasifik
Koordinat 23°46′N 121°0′E
Peringkat luas 39th
Puncak tertinggi Yu Shan
Negara
Republik Cina
Demografi
Populasi Sekitar 23 juta (per 2005)
Kelompok etnik 98% Han
70% Hoklo
14% Hakka
14% Orang Cina Daratan
2% Penduduk asli Taiwan
Informasi tambahan
Cat: Persentase populasi adalah terhadap total populasi pulau.

Taiwan (Hanzi tradisional:臺灣 atau 台灣; Hanzi sederhana:台湾; Hanyu Pinyin: Táiwān; Tongyong Pinyin:Táiwan; Wade-Giles: T’ai²-wan¹; Taiwan (Hokkien): Tâi-oân/Tāi-oân (sebelumnya 大灣/台員/大員/台圓/大圓/台窩灣)) adalah sebuah pulau di Asia Timur. “Taiwan” sering pula dipergunakan untuk merujuk kepada wilayah yang diperintah oleh Republik Cina dan juga kepada Republik Cina itu sendiri, yang memerintah Pulau Taiwan, Pulau Orchid, dan Pulau Hijau di Pasifik sebelah pantai Taiwan, Kepulauan Penghu di Selat Taiwan, serta Kinmen dan Kepulauan Matsu sebelah pantai Fujian, Cina daratan. Kelompok pulau Taiwan dan Penghu (tidak termasuk kotamadya pusat Taipei dan Kaohsiung) secara resmi diperintah sebagai Provinsi Taiwan, akan tetapi dalam prakteknya hampir seluruh kekuasaan pemerintahan dilakukan pada tingkat nasional dan lokal (kotamadya/kabupaten).

Taiwan saat ini juga diklaim oleh Republik Rakyat Cina (RRC) walaupun RRC tidak pernah menguasai Taiwan atau satupun wilayah Republik Cina saat ini yang sering dirujuk sebagai “Taiwan”. RRC mendasarkan klaimnya dengan berpendapat bahwa RRC merupakan penerus Republik Cina sejak 1949, dan Republik Cina telah memerintah Taiwan selama 4 tahun dari 1945 sampai 1949.[1]

Pulau utama Taiwan, juga dikenal sebagai Formosa (dari bahasa Portugis (Ilha) Formosa, yang berarti “((pulau) yang indah”), terletak di Asia Timur sebelah pantai Cina daratan, sebelah barat daya kepulauan utama Jepang tetapi sebelah barat langsung dari ujung Kepulauan Ryukyu Jepang, dan sebelah barat laut-utara Filipina. Pulau ini dihubungkan ke timur oleh Samudera Pasifik, ke selatan oleh Laut Cina Selatan dan Selat Luzon, ke barat oleh Selat Taiwan, dan ke utara oleh Laut Cina Timur. Pulau ini mempunyai panjang 394 kilometer (245 mil) dan lebar 144 kilometer (89 mil).

1.       “The One-China Principle and the Taiwan Issue”. Taiwan Affairs Office and the Information Office of the State Council of the People’s Republic of China. 21 Februari 2000. Diakses pada 2 Agustus 2008.

I am speaking

Itu di atas sekilas tentang Taiwan. Tapi sebenernya yang mau aku bahas di sini bukan tentang kayak apa Taiwan itu, tapi lebih ke perasaanku pribadi. Belakangan ini aku sering dapet visual apa-apa tentang Taiwan. Mulai dari iklan lowongan kerja di Taiwan, trus pas browsing tau-tau ada iklan tentang penerbangan Indonesia- Taiwan, Claudia Kaunang rilis buku Rp. 3 juta keliling Taiwan yang saat ini aku juga udah punya satu eksemplar bukunya, sampe kemarin pagi pas aku buka akun sosial aku, ada message tentang something yang lagi-lagi berhubungan sama Taiwan, something yang akhirnya bikin aku liat banyak banget foto yang settingnya itu di Taiwan. Cuma kebetulan atau emang pertanda ya? Pertanda kalo aku bakal segera ke Taiwan maksudnya. Hehehe.

Honestly, mulai kecil aku udah tertarik sama Taiwan. Tepatnya mulai SD. Dan seiring berjalannya waktu, ternyata nggak merubah apapun. Aku tetep tertarik sama yang namanya Taiwan. Boleh dibilang kalo awal dari ketertarikan aku sama Taiwan adalah drama serial Taiwan yang berjudul ‘Meteor Garden’. Ya, aku yakin banyak dari kita yang tau drama itu kan? Mulai dari itu aku sering banget beli tabloid yang berbau mandarin, yang sekaligus berisi tentang Korea dan Jepang. Jadi istilahnya mulai kecil, udah kenyang banget deh sama hal-hal berbau gitu. Emang dasarnya suka baca, suka musik dan suka nonton. Klop deh!

Makin gede makin ngerti betapa nggak cuma artis-artis Taiwan aja yang menarik tapi juga Negaranya. Kalo nggak salah inget, mulai tertarik buat ke Taiwan itu pas SMP. Pengen tau yang namanya Taiwan itu kayak gimana, ya pokoknya dalam pikiran aku itu pengen banget kesana. Apalagi pas SMA tau yang namanya boyband Fahrenheit, yang sampe sekarang jadi boyband favorit aku, semakin kuatlah tekad bahwa suatu hari nanti aku harus ke Taiwan. Bahkan salah satu personilnya yang namanya Aaron Yan itu udah akrab banget namanya di keluarga inti dan sahabat-sahabat aku. Kalo nanya ke mereka siapa pacar aku jawabannya pasti, “Koko Aaron.” *oke, abaikan kata-kataku yang terakhir.

Hm… Begitu tau Claudia Kaunang rilis buku Rp. 3 juta keliling Taiwan, aku langsung mengusahakan gimana caranya aku bisa dapet buku itu. Secara, di kota yang aku tinggali sekarang nggak ada Gramedia. Jangankan Gramedia, took buku aja aku belum sempet liat sampe sekarang. Jadilah aku usaha nitip ke orang-orang yang bisa dimintain tolong. Pada akhirnya koko aku yang berhasil beliin dan dikirimlah ke tempat di mana aku berada sekarang yang membutuhkan kesabaran soalnya butuh hampir satu minggu supaya aku bisa baca buku itu.

Buku sampe, aku langsung bergegas baca. Dan jujur! Buku itu bikin aku tambah pengen ke Taiwan. Someone, take me to Taiwan please~~ Informasi yang disajikan cukup lengkap untuk turis yang mau traveling ke sana. Mulai dari tempat-tempat wisata, transportasinya gimana, tempat tinggal de el el. Ya paling nggak, setelah baca buku itu jadi punya gambaran tentang gimana Taiwan itu dan tempat-tempat mana aja yang wajib dikunjungi selama kita ada di sana.

Kayak masih belum lengkap aja, kemarin aku disuguhi foto-foto dengan beragam setting yang semuanya ada di Taiwan. Gila! Sampe speechless mau ngomong. Taiwan itu awesome!

Ini aku share beberapa foto yang aku liat kemarin. Makasih ya udah jadi penyalur aku liat gimana Taiwan itu lewat foto-foto ini. Nggak nyangka juga ternyata yang moto semua ini satu kampung halaman sama aku, Probolinggo. Hehehe.

Taipei 101

今天到信義路的天橋拍101夜景.

Taipei 101 tower ( captured from Shiang Shan mountain, Taiwan R.O.C. , 像山, 台灣省 )

Keelung River, Taipei. Taiwan R.O.C.

義大世界, Eda World, Kaohsiung.

中壢夜市 (ZhongLi Night Market)

Chiang-Kai Sek Memorial Hall (中正紀念堂) , Taiwan R.O.C.

Fresh Yellow Sepia
Location = National Taiwan Normal University

ZhongBei Road, ZhongLi City, Taiwan

Formosan Aboriginal Cultural Village, Taiwan R.O.C. (台灣, 九族文化村)

Here they are… Masih ada banyak foto. Keren-keren pula! ^^

Oh ya, ini aku share juga foto-foto yang menggambarkan RaoHe St. Night Market.

Nah? Gimana? Pada tertarik juga kah ke Taiwan? Hehehe. Pasti pada mau kesana juga kan? Hayo ngaku? Hehehe… Soalnya jujur aja, setelah ngeliat foto-foto itu aku sempet mikir, “Wah le aku ke Taiwan kayak’e butuh fotografer pribadi.” Gimana nggak mikir gitu kalo ada banyak banget setting yang layak untuk diabadikan? Yo eman rek le nggak foto-foto. Hahaha.

Satu hal yang pasti, I’ll definitely come to Taiwan as soon as possible! Taiwan isn’t a place that I want to visit for vacation. Taiwan is a place that I want to live as a home. I don’t know, I just feel that. ^^

Oh ya, seolah melengkapi kecintaanku sama Taiwan. Taiwan emang pengertian banget sama aku. Fahrenheit merupakan duta pariwisata Taiwan untuk wilayah Jepang dan Korea mulai tahun 2008 lalu smpe terakhir yang aku tahu Mei 2012 barusan. Ini ada satu lagu Taiwan Tourism yang dinyanyikan oleh Fahrenheit.

Fahrenheit (飞轮海)- Touch Your Heart

美麗的島嶼
Beautiful islands
張開雙手歡迎你
Open arms to welcome you
美食與熱情
Enthusiastically taking part in culinary delicacies
沒有人能抗拒
Nobody can resist

臺灣會是你難忘的旅程
Taiwan can be your unforgettable trip
讓所有美夢成真
Making every dream come true

Ilha Formosa
Taiwan will touch your heart
Ilha Formosa
Taiwan will touch your heart

美麗的島嶼
Beautiful islands
張開雙手歡迎你
Open arms to welcome you
美食與熱情
Enthusiastically taking part in culinary delicacies
沒有人能抗拒
Nobody can resist

臺灣會是你難忘的旅程
Taiwan can be your unforgettable trip
讓所有美夢成真
Making every dream come true

Ilha Formosa
Taiwan will touch your heart
Ilha Formosa
Taiwan will touch your heart

美好風景(在你身邊)
Oh~ Pretty island (by your side)
溫暖人情(在心裡面)
Oh~ A Paradise (in your heart)
這將會是你豐收的旅程
This will be your best trip
讓所有期待成真
Yeah~ Let all your wishes come true

Ilha Formosa
Taiwan will touch your heart
Ilha Formosa ( I gotta touch your heart)
Taiwan will touch your heart

Ilha Formosa
Taiwan will touch your heart
Ilha Formosa
Taiwan will touch your heart

Ilha Formosa
Ilha Formosa

Welcome to Taiwan

Btw, untuk melengkapi postingan aku kali ini, aku kasi cuplikan isi dari bukunya Claudia Kaunang yang masuk dalam bab ‘Traveling to Taiwan is Possible’.

Traveling to Taiwan is Possible

“If you reject the food, ignore the customs, fear the religion, and avoid the people, you might better stay at home.” – James Michener

Ada dua hal yang pasti tercetus di pikiran kita ketika mendengar kata Taiwan : susah berkomunikasi dan sulit mendapatkan makanan halal. Walau tidak salah, pemikiran awal ini pun tidak sepenuhnya benar. Mengenai bahasa, Taiwan yang dikenal sebagai Republic of China (ROC), memang memiliki bahasa nasional Mandarin. Setelah Mandarin, dialek atau bahasa yang banyak digunakan oleh penduduk Taiwan adalah Hakka Chinese dan Taiwanese Hokkien. Saya sendiri tidak bisa berbahasa Mandarin, Hakka Chinese, atau Taiwanese Hokkien. Satu-satunya kata dalam bahasa Mandarin yang saya mengerti hanya “Xie Xie”, yang artinya ‘terima kasih’, hehehe. Namun, bukan berarti saya mengalami kesulitan selama berkeliling Taiwan karena di kota-kota besar, seperti Taipei dan Kaohsiung, penggunaan bahasa Inggris sudah meluas ke kalangan pekerja kantoran dan mahasiswa.

Petunjuk jalan dan tulisan dalam bahasa Inggris juga dengan mudah bisa ditemukan di berbagai tempat wisata, stasiun kereta, bus, penginapan, dan pusat perbelanjaan di seluruh Taiwan. Bahkan, saking sadar wisatanya pemerintah Taiwan, di setiap stasiun kereta (baik di kota kecil maupun kota besar) terdapat kios informasi lengkap dengan brosur macam-macam dan petugas berbahasa Inggris yang siap membantu turis! Jika tidak menemukan kios informasi maupun orang Taiwan yang mengerti bahasa Inggris, hubungi 24-hour Tourism hotline di +886-800-011-765 (atau 0800-011-765 dari nomor lokal Taiwan). Operator di nomor ini mampu berbahasa Inggris, Jepang, dan pastinya, Mandarin.

Blablabla… Lengkapnya baca aja langsung di bukunya ya? Hehehe. Capek ngetik banyak-banyak. ^^v

Thank you!

.e.n.d.

Credit : Wikipedia, You Tube, Rp. 3 juta keliling Taiwan, and photos by Anthony Wang.
Lyrics taken out from caihongai27.blogspot.com/
Three first and three last photos taken out from google.
Advertisements

8 thoughts on “Time for Taiwan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s